Sabtu

ISLAM ITU INDAH



Islam Itu Indah 
oleh : Hana Aprillia Nuryani



Apa yang membuatmu bangga menjadi seorang muslim? 


Mengapa kita beragama islam? Apa yang membuat kita beragama islam? Mengapa kita mau memilih agama islam sebagai agama kita? Dan mungkin masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya. Perlu kita renungkan,untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sebenarnya kita patut bersyukur kepada Allah swt,karena kita adalah makhluk pilihan Allah SWT yang di ciptakan lalu di lahirkan,dan di titipkan serta di rawat ,di ajarkan dari keluarga yang beragama islam. Sehingga kita dari kecil hingga saat ini, identitas kita adalah seorang muslim. yang insyallah identitas tersebut berlaku seumur hidup kita berada di muka bumi ini.
Perlu di ketahui, Agama yang kita anut saat ini yaitu agama Islam yang merupakan agama yang sempurna,agama yang di wahyukan oleh Allah SWT yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Allah berfirman pada (QS : Al-Maidah – 19) yang artinya : “Sesungguhnya agama (yang di ridhai) di sisi Allah hanyalah islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah berselisih orang-orang yang telah di beri al-kitab (Kitab-kitab yang di turunkan sebelum al-Qur’an) kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka,karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah,maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-nya.”
Secara etimologi, Islam berasal dari kata salama yang artinya selamat, sejahtera, tenang. Sesuai dengan artinya,agama islam adalah agama Rahmatan lil Alamin yang mengajarkan aturan-aturan yang lengkap yang mencakup seluruh aspek kehidupan seluruh umat manusia yang berorientasi ke masa depan (akhirat) tanpa melupakan masa kini (dunia) , sehingga kita sebagai umat manusia dapat menjalaninya dengan baik, selamat,teratur dan sejahtera,serta mendapatkan kebahagiaan hidup baik di dunia maupun di akhirat,sesuai perintah Allah SWT  dan itu yang menyebabkan agama Islam itu indah,subhanallah.
Sumber agama islam ada 2,yaitu al-Qur’an dan Sunnah, yang pertama adalah al-Qur’an. Seperti yang kita sudah ketahui al-Qur’an merupakan kumpulan firman-firman Allah SWT yang di wahyukan kepada nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. al-Qur’an ialah kitab suci umat Islam yang bersumber kebenaran dan nilai-nilai spiritual dalam islam sebagai petunjuk umat manusia menuju jalan kebahagiaan. Sebagai seorang muslim,kita wajib mempelajari al-Qur’an baik cara membacanya,maupun memahami maksud yang di jelaskan di dalamnya,serta mengajarkan kepada orang lain,dan mampu mengamalkan ajaran yang di jelaskan di dalam al-Qur’an di kehidupan sehari-hari.
Yang kedua ialah Sunnah, merupakan perkataan,perbuatan dan sifat ketetapan nabi Muhammad SAW yang di jadikan teladan buat kita. Yang sering kita kenal sunnah dengan istilah Hadist.
Keindahan agama Islam terletak pada ajaran-ajaran yang terdapat di agama islam sesuai al-Qur’an dan hadist meliputi 4 aspek yaitu :
  1. Aspek Akidah
Sebagai seorang muslim kita harus meyakini tentang kekuasaan dan keesaan Allah SWT. Serta mempercayai dalam hati bahwa “tiada tuhan selain Allah dan nabi muhammad utusan Allah” dan menjadikan Allah sebagai tempat mengabdi,tempat bersandar,dan tempat memohon pertolongan. Karena kita sebagai makhluk ciptaanya kita sangat membutuhkan Allah SWT.
  1. Aspek Ibadah
Sebagai seorang muslim,kita harus mempelajari aspek ibadah sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT yang di jalankan sesuai dengan perintahnya serta menjauhi larangannya untuk mencapai keridhaan Allah SWT dan ketenangan di dalam hati.
  1. Aspek Muamalah
Aspek Muamalah adalah segala peraturan yang di ciptakan Allah untuk mengatur hubungan baik manusia dengan manusia dalam kehidupan sehari-hari


  1. Aspek Akhlak
Aspek hubungan yang berkenaan dengan perilaku, etika,moralitas,sikap diri yang sesuai dengan perintah allah yang di lakukan berulang-ulang sehingga menjadi suatu kebiasaan yang baik.
            Secara umum Islam memerintahkan agar bermoral baik dan melarang bermoral buruk. Islam juga memerintahkan setiap perbuatan baik, dan melarang perbuatan yang buruk. Allah SWT berfirman yang artinya : “Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran." [An Nahl : 90]
Muslim artinya orang yang beragama Islam yang telah berpasrah diri kepada Allah SWT,yang berusaha untuk mengikuti jalan kebe­naran,Menaati semua ajaran-ajaran Islam,menjalankan perintahnya dan menjauhi larangan Allah SWT. Kita harus bangga menjadi seorang muslim, karena kita mempunyai kitab suci Al-Qur’an sendiri telah menjamin bahwa kitab ini tidak mungkin ternodai. Tidak satu huruf atau titik pun yang akan merubah kesucian al-Qur’an yang sudah pasti di pelihara oleh Allah. Karena itu kebenaran al-Qur’an akan tetap abadi. Al-Qur’an yang ada di Indonesia adalah al-Qur’an yang ada dan dibaca oleh saudara-saudara kita di seluruh dunia. Oleh karena itu, kita mempunyai alasan yang sangat kuat bahwa kita bangga sebagai muslim,karena agama kita merupakan rahmatan lil alamin yang kebenaran nya hanya dari Allah untuk seluruh umat manusia.
Selain itu kewajiban kita adalah mensyukuri nikmat Islam, dengan cara kita harus istiqamah dan konsisten  dengan ajaran Islam. Tidak cukup dengan kata-kata bahwa kita adalah Muslim, tapi kita harus mengamalkan apa yang diajarkan oleh Islam. Islam harus mewarnai kehidupan kita, dalam cara berpikir, bersikap, merasa, dan dalam seluruh gaya hidup kita semuanya. Islam sebagai pengarah tunggal dalam segala aspek kehidupan kita.
Marilah kita jadikan Islam sebagai darah daging kita dan identitas kita sebagai muslim. Tunjukkan keindahan keislaman kita dengan bentuk apa saja; kepribadian, perilaku, pekerjaan dan hubungan, Di mana saja dan kapan saja. Karena itu menjadikan kita sebagai seorang muslim yang berkualitas iman,intelektual,dan kualitas sosial.

Daftar Pustaka
Razak, Yusron. 2001. Pendidikan Agama Islam. UHAMKA press. Jakarta
hikari.xtgem.com/Islam%20Agama%20yang%20Sempurna bentengkebenaran.multiply.com
Syarhu Ushulil Iman, Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin. Edisi Indonesia: Prinsip-Prinsip Dasar Keimanan. Penerjemah: Ali Makhtum Assalamy. Penerbit: KSA Foreigners Guidance Center In Gassim Zone, halaman : 9-13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar