Selasa

Selamat Hari Guru 25 November 2013


Selamat Hari Guru 25 November 2013-  
Hari Guru Nasional Dan Peran Guru Bagi Pendidikan Indonesia
oleh salma

Hari Guru Nasional Indonesia yang diperingati tanggal 25 November tiap tahunnya. Di hari guru ini mari kita bahas tentang wajah pendidikan serta peran guru. Salah satu yang penting dalam pembentukan kapasitas manusia adalah “guru”. Guru beserta orangtua memiliki tanggung jawab sosial sebagai pendidik. Peran seorang guru sangatlah penting dan bisa dibilang berharga.
Namun di Hari Guru yang jatuh pada tanggal 25 November ini, apakah kinerja guru di Indonesia mampu menghasilkan kualitas kinerja yang baik dalam konteks sekolah dan hubungannya dengan masyarakat. Apakah mencerminkan hasil dari nilai-nilai, etika, metode pengajaran yang efektif?
Pendidikan tidak selalu berarti sekolah. Pendidikan memiliki cakupan yang luas dibanding sekolah formal misalnya. Pendidikan dapat mengubah masyarakat, maka dari itu peran guru dan sekolah perlu dikembangkan dan diperkuat.
Kita sebagai seorang guru disekolah ataupun dirumah harus mampu menciptakan dinamika dalam kegiatan, misalnya kebebasan untuk bertanya, pernyataan atau mengusulkan. Guru dalam sistem pendidikan haruslah bertindak sebagai agen perubahan. Pendidikan yang diberikan oleh guru harus memberikan kesadaran bagi siswa tentang peran yang dimainkannya dalam kehidupan sosial dan budaya.
Pendidikan harus diselenggarakan dengan prinsip-prinsip demokrasi dan keadilan sosial melalui praktek pendidikan yang bertanggung jawab.
Bagi kamu para calon guru, dan merasa bangga sebagai seorang guru, saya ucapkan selamat “Hari Guru”, semoga dengan komitmennya terhadap pendidikan, akan mampu membuat generasi yang kuat dan cerdas, serta mampu memajukan kehidupan bangsa ini. Sehingga terbentuk sebuah peradaban bangsa Indonesia yang adil, sejahtera, maju dan tetap menjaga nilai-nilai tradisi, amin. (camon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar